Blog

Tugas-Tugas Arsitek

Posted by:

Tugas-Tugas Arsitek

Pekerjaan atau tugas-tugas arsitek yang disediakan pada intinya adalah memberikan sebuah layanan perancangan atau perencanaan dimulai dari tahap konsep hingga penyerahan dokumen pelaksanaan. (sumber: Sitiatava Rizema Putra) Dan juga, arsitek memiliki berbagai tugas khusus (jika diminta oleh konsumen), antara lain:

  1. Perencanaan dan perancangan pelestarian,
  2. Perencanaan dan perancangan kota/daerah/regional,
  3. Perencanaan perancangan desain interior/tata ruang dalam/, dengan produk gambar rumah-nya
  4. berlaku sebagai penasihat,
  5. berlaku sebagai manajemen konstruksi,
  6. berlaku sebagai manajemen proyek,
  7. Manajemen pengawasan terpadu.

Tugas-Tugas ArsitekNamun, satu hal yang perlu kita ingat sebagai arsitek ialah bahwa arsitek tidak diperbolehkan menyampaikan mapun bertujuan mepromosikan diri mereka ataupun jasa profesionalnya secara tidak benar atau menyesatkan, atau menipu. Arsitek tak dibenarkan memasang iklan maupun sarana promosi yang menyanjung ataupun memuji dri mereka, terlebih pernyataan yang sifatnya menyesatkan serta mengambil bagian dari sebuah kegiatan publikasi dgn balas jasa, yang melakukan promosi atau melakukan rekomendasi material bangunan, perlengkapan atau bahan-bahan bangunan. Hal ini adalah merupakah salah satu upaya yang dilarangan dalam tata laku dan buku kode etik.

Demikianlah uraian singkat mengenai kewajiban, prinsip dan tugas-tugas arsitek. Dengan kita semua mengetahui segala tugas-tugas arsitek serta prinsip-prinsip itu, maka diharapkan persiapan para arsitek pemula agar lebih yakin dan siap terjun ke dunia jasa arsitek.

0


Google+