Blog

Berapa Biaya Desain Rumah ?

Posted by:

Berapa Biaya Desain Rumah ?

Menanggapi begitu banyak nya pertanyaan dari konsumen mengenai berapa biaya desain rumah, kami sedikit memberikan gambaran mengenai nilai yang pantas pantas Anda keluarkan untuk membayar jasa seorang arsitek.
harga dan biaya desain rumahMengapa terdapat perbedaan harga yang cukup fantastis antara jasa arsitek 1 dengan jasa arsitek lain nya. Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa Jasa Desain Rumah tidaklah sama dengan Jasa Gambar Rumah atau Jasa Gambar 3D.
Memang nilai yang perlu Anda keluarkan guna membayar jasa arsitek amatlah bervariasi, terlebih jika Anda membandingkan melalui jasa arsitek yang jasanya terpampang di internet ini. Persaingan yang teramat ketat antara sesama arsitek (ataupun orang-orang yang mengaku sebagai arsitek) baik arsitek yang tergabung dalam sebuah lembaga perusahaan maupun arsitek perorangan, menjadikan biaya atau harga desain rumah amat bervariasi, ada harga yang fantastis murahnya bahkan ada harga yang mencengangkan tingginya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangan kalau ingin menggunakan jasa arsitek murah, atau setidaknya Anda bisa membandingkan mengapa biaya desain rumah A dengan B berbeda.

  1. Desain Struktur: Menentukan type struktur yang untuk pembangunan sebuah rumah adalah sangat mudah dan cepat. Sebagian arsitek bisa mengambilnya dari template yang sudah ada, artinya mereka bisa menerapkan struktur yang pernah mereka kerjakan “ke rumah Anda”. Seorang arsitek yang pastinya memiliki database yang cukup banyak komputer mereka, tinggal print lalu diserahkan pada Anda dengan sedikit melakukan penyesuaian dengan kondisi lahan yang Anda miliki ataupun pola ruang yang sudah disepakati. Dalam waktu yang kurang dari sehari, usulan desain struktur berformat gambar-gambar tersebut sudah untuk siap dihadirkan pada konsumen, lalu langsung diterapkan di lapangan.
    Cara ini amat membohongi konsumen karena pada dasarnya belum tentu cocok diterapkan pada lahan yang Anda miliki dan belum cocok pula untuk pola ruangan yang disepakati bersama. Namun kami tidak dapat menutup-nutupi bahwa hal seperti ini umum dilakukan para arsitek demi menekan biaya desain rumah.
    Banyak faktor mengapa desain struktur setiap bangunan hampir dipastikan berbeda antara satu dengan lainnya, seperti salah satunya faktor kondisi lahan. Desain struktur untuk kondisi tanah keras, pastinya tak cocok diterapkan di tanah yang tingkat kepadatan rendah ataupun sedang. Faktor lain adalah ketinggian bangunan , karena perbedaan ketinggian akan berbeda pula system struktur yang perlu diterapkan. Dan banyak hal-hal mendasar lainnya yang membuat hal ini tidak bisa disamakan. Ini berlaku pula pada perbedaan pola ruang yang juga akan menentukan bentuk maupun system struktur.
  2. Pertanggung jawaban struktur : Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pertanggun jawaban stuktur dari sang arsitek. Struktur adalah hal yang berperan penting dari sebuah bangunan, sebagus apapun desain sebuah rumah, tidak akan berarti jika strukturnya ditentukan secara sembrono serta tanpa menggunakan standart kelayakan sebuah beban.
    Anda dapat menanyakan pada sang arsitek mengenai SIBP (Surat Izin Bekerja Perencana) atau sekarang disebut dengan IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan). IPTB ini ialah semacam lisensi dari pemerintah terkait kepada seseorang arsitek mengenai kelayakkannya dalam menentukan sebuah struktur bagunan. Memang pada kenyataannya banyak arsitek yang tidak memilik sertifikasi ini, dan kalaupun si arsitek memiliki tentunya mereka akan bebankan kepada tarif atau biaya desain rumah yang akan mereka kerjakan untuk Anda.
  3. Ide Desain: Perbedaan biaya desain rumah yang mencolok juga dipengaruhi oleh faktor satu ini. Biaya desain rumah yang murah sekalipun tentunya akan menjadi mahal bila ternyata sang arsitek hanya “copy paste” desain dari database yang telah mereka koleksi, baik desain struktur, gambar 3D dan lain-lainnya. Kenyataan banyak konsumen tidak memusingkan hal ini, mereka berpikir yang terpenting adalah bahwa desain tersebut bagus, tidak ketinggalan zaman dan mengikuti dengan trend, tapi apakah desain tersbut cocok dengan kondisi lahan sekitar, kondisi alam sekitar serta kebutuhan dan pola ruang yang disepakati?
    Nah, sepertinya kami tidak perlu menjawab pertanyaan Anda mengenai berapa biaya desain rumah, Anda pun dapat menyimpulkan jika hanya menpertahankan argumen untuk memilih jasa arsitek murah.
0


Google+